Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sesudah Shalat Tahajud Lengkap Tulisan Arab Latin dan Artinya

DoaHarianIslam - Shalat Sunnah Tahajud merupakan shalat sunah yang sedikitnya dilakukan dengan dua rakaat hingga tidak terbatas. Allah berfirman dalam QS. Al-Isra' 17:19: "Dan pada sebagian malam hari, salat tahajudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Waktu terbaik untuk mendirikan shalat Tahajud ialah sepertiga malam setelah terjaga dari tidur, baik sepertiga malam awal, tengah, maupun akhir.

"Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdoa), pasti akan Kukabulkan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Subuh." (HR. Bukhari dan Muslim)

Berikut bacaan doa yang bisa kita hafal dan amalkan sesudah mendirikan shalat Tahajud yang lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya:

doa sesudah shalat tahajud

Doa Sesudah Shalat Tahajud


اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُالسَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ

وَلَكَ الْحَمْدُاَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ

 وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ

حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ

 عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ

وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ

وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ

 اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ

 وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Latin doa sesudah shalat Tahajud:

ALLAAHUMMA LAKALHAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHIN. WA LAKALHAMDU MALIKUSSAMAA WAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHIN. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUSSAMAAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHIN. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU WA WA'DUKAL HAQQU WALIQAA'UKA HAQ, WA QAULUKA HAQ, WAL JANNATU HAQ, WANNAARU HAQ, WANNABIYYUUNA HAQ, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU 'ALAIHI WASALLAMA HAQ, WASSAA'ATU HAQ. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA 'ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A'LANTU, WA MAA ANTA A'LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU WA-ANTAL MUAKH-KHIRU LAA ILAAHA ILLAA ANTA WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.

Artinya: “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Posting Komentar untuk "Doa Sesudah Shalat Tahajud Lengkap Tulisan Arab Latin dan Artinya"